Kajian Kinerja Operasional Dan Strategi Pengembangan Pelabuhan Umum Gresik

Authors

  • Agus Triyono Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang
  • Achmad Wicaksono Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • M. Ruslin Anwar Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Abstract

Peningkatan jumlah kunjungan kapal dan arus barang di Pelabuhan Umum Gresik yang tidak diikuti dengan penambahan infrastruktur pelabuhan berpotensi menimbulkan antrian sandar kapal yang lama. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kinerja operasional Pelabuhan Umum Gresik serta strategi pengembangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Important Performance Analysis, analisa regresi berganda dan SWOT IFAS EFAS. Hasil penelitian menunjukan kinerja operasional Pelabuhan umum Gresik sesuai peraturan Dirjen Hubla secara umum baik, hanya ada tiga indikator yang kurang baik yaitu waiting time, approach time dan produktivitas bongkar muat curah kering. Sedangkan menurut persepsi user indikator kinerja operasional pelabuhan yang mendapatkan prioritas utama perbaikan adalah waiting time pilot, waiting time ship, berthing time, pelayanan sandar kapal pelra, produktivitas bongkar muat general cargo, produktivitas bongkar muat bag cargo, produktivitas bongkar muat curah kering, Panjang/jumlah dermaga, Berthing Occupancy Ratio (BOR), kondisi fender, dan kedalaman kolam pelabuhan. Dari hasil pemodelan dengan regresi linear berganda dan peramalan data, didapatkan bahwa pada tahun 2024 jumlah kunjungan kapal Pelnas naik 64,17 % , jumlah kunjungan kapal Pelra turun 67,7 %, volume bongkar naik 80,03 %, volume muat naik 81,56 % , nilai BOR naik 80,41 % dan nilai YOR naik 26,57 % . Sedangkan dari analisa SWOT IFAS EFAS diperoleh strategi rencana pengembangan pelabuhan yang dapat diterapkan di Pelabuhan Umum Gresik adalah strategi agresif yaitu : memaksimalkan penggunaan lapangan penumpukan dan mengoperasikan kembali gudang untuk menanngulangi kenaikan arus barang serta memaksimalkan kolam pelabuhan untuk lego jangkar kapal dan memaksimalkan waktu pelayanan pandu kapal guna mengantisipasi kenaikan kunjungan kapal.

Kata kunci: evaluasi kinerja pelabuhan, metode IPA, analisa regresi linear berganda, metode SWOT IFAS EFAS, Pelabuhan Umum Gresik.

Downloads

Published

2017-04-17

How to Cite

Triyono, A., Wicaksono, A., & Anwar, M. R. (2017). Kajian Kinerja Operasional Dan Strategi Pengembangan Pelabuhan Umum Gresik. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 7(1), pp.1–12. Retrieved from https://tatakota.ub.ac.id/index.php/tatakota/article/view/206

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)