KEPUASAN PENGGUNA JALAN TERHADAP PELAYANAN JALAN NASIONAL DI PERKOTAAN KABUPATEN TRENGGALEK
DOI:
https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2024.016.01.10Keywords:
national road, road user satisfaction, IPA, CSIAbstract
Jalan nasional di perkotaan Kabupaten Trenggalek adalah jalan kolektor primer 1 yang melayani angkutan jarak jauh dan jarak pendek sehingga kondisi kemantapan jalan yang prima sangat penting untuk melayani penggunanya. Penanganan jalan nasional yang dilaksanakan berdasarkan hasil inspeksi teknis perlu diimbangi dengan memperhatikan persepsi masyarakat sehingga tepat sasaran. Oleh karenanya penelitian ini mengukur tingkat kepuasan pengguna jalan nasional di perkotaan Kabupaten Trenggalek menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance-Performance Analysis (IPA). Pengambilan data dilakukan dengan metode survei kepada 216 responden pengguna jalan nasional di perkotaan dan diluar perkotaan menggunakan google form dan blanko kuesioner pada Bulan Oktober Tahun 2023. Hasil perhitungan menunjukkan nilai CSI jalan nasional diperkotaan adalah 76,6271%, lebih besar 6,8173% dibandingkan CSI jalan nasional diluar perkotaan dengan nilai 69,8098%, keduanya masuk dalam kriteria puas. CSI juga menunjukkan bahwa pengguna jalan nasional memiliki persepsi yang sama mengenai elemen yang paling tidak memuaskan adalah elemen Faktor Sosial (SF), namun berbeda persepsi mengenai elemen yang paling memuaskan yaitu elemen manajemen lalu lintas (TM) untuk jalan nasional di perkotaan dan elemen dampak lingkungan (EI) untuk jalan nasional diluar perkotaan. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa berdasarkan persepsi pengguna jalan nasional terdapat atribut/variabel yang harus ditingkatkan karena tingkat kepentingannya tinggi tetapi kinerjanya rendah (berkedudukan di Kuadran I) yaitu 9 atribut/variabel untuk jalan nasional diperkotaan dan 19 atribut/variabel untuk jalan nasional di luar perkotaan, dimana 4 atribut/variabel diantara keduanya beririsan yaitu RS8 kondisi jalan mendukung keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki, RF2 Permukaan jalan yang halus, RF7 reflektor marka jalan untuk mengatasi cuaca gelap, dan EI7 tingkat sistem drainase jalan lingkungan sekitar baik. 5 (lima) atribut/variabel lainnya yang perlu ditingkatkan untuk jalan nasional di perkotaan adalah RS 15 Sistem drainase jalan berfungsi baik, RF11 Halte untuk pemberhentian bis atau angkutan umum tersedia dan berfungsi baik, RF16 Lajur untuk pengendara sepeda tersedia, SRU2 tingkat pelayanan parkir kendaraan on street baik, dan TM10 adanya pengaturan sistem parkir. Adapun 15 (limabelas) atribut/variabel lainnya yang perlu ditingkatkan untuk jalan nasional di luar perkotaan adalah RS5 lampu penerangan jalan jumlahnya mencukupi dan berfungsi dengan baik, RS6 adanya polisi yang mengatur lalu lintas jalan, RS7 tingkat kecepatan kendaraan sesuai aturan, RS14 kebersihan bahu jalan dari PKL, RS16 adanya usaha penyelenggara jalan dalam memperbaiki black spot, RF10 lampu penerangan jalan tersedia dan berfungsi baik, EI2 tingkat kebisingan lalu lintas rendah, EI6 tingkat pembuangan sampah di jalan rendah, SRU1 tingkat pelayanan pejalan kaki (akses penyeberangan, kondisi trotoar dll) sesuai standart, SRU6 pelayanan polisi untuk keamanan dan kenyamanan, SF4 adanya kendaraan bergerak lambat, TM2 kemudahan bagi disabilitas, TM5 pengaturan kecepatan kendaraan, TM7 ada petugas yang mengatur lalu lintas akibat perbaikan jalan atau faktor lainnya. Penentuan prioritas penanganan jalan nasional dengan cara menyandingkan semua prioritas yang diperoleh dari analisis CSI dan analisis IPA, selanjutnya dipetakan atribut/ variabel yang beririsan satu sama lain, sehingga dihasilkan prioritas utama penaganan jalan nasional baik di perkotaan maupun diluar perkotaan Kabupaten Trenggalek.
References
BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta. (2022). Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah-DI Yogyakarta.
Bhote, K. R. (1996). Beyond Customer Satisfaction to Customer Loyality: The Key to Great Profitability. AMA Membership Publication Division, American Management Association.
Damaskou, E., Karagiotas, I., Perpinia, M., & Kehagia, F. (2019). Assessment of drivers’ perception of quality of service on urban roundabouts. Advances in Intelligent Systems and Computing, 879, 104–111. https://doi.org/10.1007/978-3-030-02305-8_13
Faisal, A., Taufik Mulyono, A., & Hapsoro Tri Utomo, S. (2022). Kepuasan Pengguna Jalan Terhadap Pelayanan Jalan Provinsi Di Kalimantan Barat. Jurnal HPJI, 8(1), 11–26. https://doi.org/10.26593/jhpji.v8i1.5558.11-26
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamim, R. S. (2011). Analisis Efektivitas Portal SISKA (Sistem Informasi Satuan Kerja) Dalam Memenuhi Kebutuhan Pengguna Internal Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.
Hasan, M. M., Alam, A., Mim, A. M., & Das, A. (2020). Identifying User Satisfaction Level of Road services: A Focus on Rajshahi City Bypass Road, Bangladesh. Transportation Research Procedia, 48(September), 3132–3152. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2020.08.174
Kementerian PAN RB. (2017). Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Kementerian PUPR. (2020). Rencana Strategis Tahun 2020-2024.
Kementerian PUPR. (2022). Penetapan Ruas Jalan Dalam Jaringan Jalan Primer Menurut Fungsinya Sebagai Jalan Arteri Primer (JAP) dan Jalan Kolektor Primer-1 (JKP-1).
Kusnandar, E. (n.d.). Hubungan Kecepatan Kendaraan dengan Derajat Kejenuhan.
Purnomo, K. R., & Wibawa, B. M. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jalan Tol Di Wilayah Unit Jatim 02 Terhadap Layanan Satuan Patroli Jalan Raya Ditlantas Polda Jatim. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2), 2–7. https://doi.org/10.12962/j23373520.v9i2.55514
Resdiansyah, P.S, F. J., A., T. N., & Nadiyah, N. (2019). Importance performance matrix analysis (IPMA) Sebagai Alat Evaluasi Kepuasan dan Kepentingan Pengguna Jalan di Kota Mandiri Tangerang Selatan. Jurnal Perkotaan, 11 No. 1, 14–46.
Suanmali, S., Chankao, K., Korbsanthia, P., & Ammarapala, V. (2015). Factors affecting road users’ satisfaction: The case of Motorway Route 7. Songklanakarin Journal of Science and Technology, 37(2), 209–219.
Syukri, S. H. A. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Analisa GAP Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 103–111.
Tannady, H. (2018). Assessing Customer Satisfaction with The Quality of E-commerce Services Using the 3-Dimensional Importance Performance Analysis Method. Journal of Business & Applied Management, 11(2).
Wardhana, A., Ishibashi, K., & Kiyota, M. (2011). Consideration of Road Management from the View Points of Long- and Short-Distance Road User’s Satisfaction. Civil Engineering Dimension, 13(2), 90–97. https://doi.org/10.9744/ced.13.2.90-97
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Customer Satisfaction Index (CSI) Method to Determine Customer Satisfaction Patterns in The E-commerce Business to Customer Model. Journal of Upgris Informatics, 4(1).
Yosritzal, Nofriyanti, E., & Yossyafra. (2020). Evaluation of concretization of local road in Padang city using the importance satisfaction analysis and customer satisfaction index methods. E3S Web of Conferences, 156, 0–7. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202015605007
Zuna, H. T. (2016). Penentuan Atribut Pelayanan Jalan Tol dengan Pendekatan Customer Experience. J. HPJI, 2, no. 1, 25–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Atik Sulasmi -, Agus Dwi Wicaksono, Septiana Hariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).