ANALISIS KINERJA OPERASI PADA TERMINAL CURUG AGUNG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Dien Azzizah Azzahra Farhani Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2024.016.01.7

Keywords:

Kinerja Operasi Aset, Terminal tipe C, Aset Fasilitas

Abstract

Unit analisis yang diteliti yakni Terminal Curug Agung yang bertujuan untuk mengukur kinerja operasi. Lokasi penelitian ini dipilih karena ketersediaan fasilitas pada terminal tersebut masih banyak yang belum ditemukan sehingga muncul terminal bayangan pada Jalan Raya Padalarang yang menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas. Berdasarkan observasi pendahuluan, terdapat fenomena permasalahan yang terjadi berupa banyaknya angkutan umum yang melakukan pencarian penumpang di badan jalan sehingga menyebabkan arus jalan di sekitar Terminal Curug Agung menjadi terhambat. Selain itu, pengguna sulit menemukan pos kesehatan, rambu keselamatan jalan, pos dan petugas pemeriksa kelaikan kendaraan umum, jalur evakuasi, perlengkapan darurat, tempat sampah, koridor, taman, informasi terminal, tempat perbelanjaan, ruang istirahat petugas, pusat informasi dan pengaduan, rambu jalur transportasi, sarana ibadah, dan bank. Dengan demikian, tujuan penelitian ini yakni mengetahui kinerja operasi pada Terminal Curug Agung. Metode penelitian berupa metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yakni observasi untuk mengetahui kinerja operasi terminal, kuesioner untuk mengetahui pendapat responden terkait kinerja operasi terminal, dan wawancara untuk mengetahui informasi yang tepat terkait terminal. Hasil dari penelitian ini yakni dimensi emergency situations memiliki interpretasi yang buruk. Sedangkan enam dimensi lainnya yakni dimensi assurance, performance, aesthetics, amenity and easy, convenience, dan availability memiliki interpretasi yang cukup.

References

Abdullah, Ashari. (2022). Tingkat Pelayanan Terminal Makassar Metro Sebagai Menunggu: Persepsi Pengguna. Jurnal LINEARS, Vol.5 No.1 Hal.09-17

Ayu, Febrian dan Bitta Pigawati. (2015). Peluang Peningkatan Tipe Terminal di Kecamatan Banyumanik (Analisis Demand dan Supply). Jurnal Teknik PWK, Vol.4 No.4

Hernandez, Sara dan A. Monzon. 2016. Key factors for defining an efficient urban transport interchange: Users’ perceptions. Cities, vol. 50, pp. 158–167, 2016.

Parida, Aditya (2012). Asset Performance Assessment. London New York: Springer

Sedayu, Agung. 2014. Importance-Performance Analysis to Arjosari Terminal. Journal of Architecture and Built Environment, Vol.41 No.2

Sedayu, Agung, dkk. 2011. Passenger Requirements for Services Attributes Design of Public Transport Terminal in Indonesia. Proceedings, The 15th FSTPT International Symposium, STTD Bekasi, ISBN: 979-95721-2-14.

Sugiama. 2008. Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Guardaya Intimarta.

Sugiama. 2013. Manajemen Aset Pariwisata: Pelayanan Berkualitas agar Wisatawan Puas dan Loyal. Bandung: Guardaya Intimarta

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Dien Azzizah Azzahra Farhani. (2024). ANALISIS KINERJA OPERASI PADA TERMINAL CURUG AGUNG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 16(1), 77–86. https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2024.016.01.7