PENERAPAN KAWASAN BERORIENTASI TRANSIT DI KAWASAN TRANSIT BLOK M, JAKARTA SELATAN

Authors

  • Pradamas Gifarry Universitas Brawijaya
  • Ismu Rini Dwi Ari Universitas Brawijaya
  • Nailah Firdausiyah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2022.014.02.3

Keywords:

Analytical Hierarchy Process, Kawasan Blok M, Kesesuaian Kawasan TOD, Transit-oriented development

Abstract

Blok M merupakan kawasan komersial yang terletak dekat pusat kota Jakarta. Guna lahan yang didominasi oleh perdagangan dan jasa, serta telah dilalui oleh moda angkutan umum seperti BRT dan MRT, membuat Blok M merupakan kawasan yang potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan TOD. Hal ini juga tertuang di dalam RDTR DKI Jakarta dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 55/2020. Namun, masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi untuk menuju Kawasan Blok M dan menyebabkan kemacetan. Kecepatan rata-rata di 2 jalan utama (Panglima Polim dan Iskandarsyah Raya) kurang dari 30 km/jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesesuaian Kawasan TOD Blok M berdasarkan ITDP TOD Standard 3.0 dan Permen ATR No. 16/2017. Penelitian dilakukan berdasarkan empat aspek, yaitu campuran dan keragaman pemanfaatan ruang, perencanaan kawasan yang ramah, penunjang kehidupan kawasan TOD serta transit, yang masing-masing dibagi lagi ke dalam variabel-variabel dengan standardnya masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan jika tingkat kesesuaian kawasan TOD Blok M adalah 52,4% untuk Blok 1, 42,8% untuk Blok 2 dan 66,6% untuk Blok 3. Aspek perencanaan kawasan yang ramah yang berhubungan dengan variabel jalur pejalan kaki dan pesepeda menjadi aspek dengan nilai terendah di seluruh blok. Sementara itu, aspek transit mendapatkan nilai tertinggi. Secara umum, Kawasan TOD Blok M membutuhkan pengembangan dari aspek koneksi titik transit dengan bangunan, infrastruktur pejalan kaki, infrastruktur kendaraan tidak bermotor serta intensitas bangunan yang akan dirumuskan dengan analytical hierarchy process (AHP).

Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process, kawasan Blok M, kesesuaian kawasan TOD, transit-oriented development.

Author Biography

Pradamas Gifarry, Universitas Brawijaya

  

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Gifarry, P., Ari, I. R. D., & Firdausiyah, N. (2022). PENERAPAN KAWASAN BERORIENTASI TRANSIT DI KAWASAN TRANSIT BLOK M, JAKARTA SELATAN. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 14(2), 63 –. https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2022.014.02.3