Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Menggunakan Moda Mass Rapid Transit (MRT) Kota Jakarta

Authors

  • Mochamad Trias Sembada Brawijaya University
  • Septiana Hariyani Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya
  • Deni Agus Setyono Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2020.012.02.1

Keywords:

Preferensi, Analisis Faktor, Mass Rapid Transit

Abstract

DKI Jakarta selain merupakan Ibukota Negara Indonesia juga menjadi pusat bisnis dan pemerintahan dengan jumlah penduduk mencapai 10.374.235 jiwa dan kepadatan penduduk mencapai 15.663 orang per . Dinamika kota-kota besar dengan karakter pertumbuhan penduduk dan kepadatan lalu lintas yang tinggi membuat kebutuhan terhadap pengembangan sistem transportasi terutama transportasi massal cepat (Mass Rapid Transportation-MRT) menjadi cukup besar. Selain itu, pengembangan sistem transportasi ini juga untuk mengimbangi pertumbuhan kendaraan pribadi yang terus mengalami peningkatan sedangkan sistem moda shares angkutan umum cenderung mengalami penurunan hingga 3% sejak tahun 2002. Saat ini, terdapat upaya pengembangan sistem angkutan umum massal berbasis jalan dan berbasis rel berdasarkan RTRW DKI Jakarta 2010-2030. Berkaitan dengan kondisi tersebut perlu adanya kajian terhadap penilaian pelayanan transportasi umum guna menarik masyarakat dalam menggunakannya agar permasalahan lalu lintas yang ada dapat terselesaikan. Tujuan penelitian ini antara lain adalah mengetahui karakteristik masyarakat yang memiliki preferensi dalam menggunakan moda MRT dan faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menggunakan moda MRT. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistic deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisa diketahui masyarakat yang memiliki preferensi untuk menggunakan moda MRT sebesar 98% dengan karakter sebagian besar berjenis kelamin Laki-laki, rentang usia 25-35 Tahun, jenis pekerjaan pegawai swasta, dan tingkat penghasilan ≥Rp.4.000.000. Tujuan perjalanan menuju perkantoran, dan memiliki keperluan perjalanan untuk bekerja. Selanjutnya dari analisis faktor dihasilkan 17 kelompok faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menggunakan moda MRT, dengan kelompok faktor nomor 1 yang memiliki tingkat variasi eigen value tertinggi.  

Kata kunci: Preferensi, Analisis Faktor, Mass Rapid Transit

References

Alkam, R. B., & Said, L. B. (2018). Pemilihan Moda Transportasi Menuju Kampus Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Transportasi, 18(3), 201–210.

Azali, I., Gunanto, E. Y. A., & SBM, N. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Transportasi Publik (Studi Kasus Bus Rapid Transit (BRT) Kota Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 33(1).

Di, W. (2017). The Impact of Mass Transit on Public Security - A Study of Bay Area Rapid Transit in San Francisco. Transportation Research Procedia, 25, 3233–3252.

Harish, A. G., & Wardhana, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen Go-Jek Di Kota Jakarta the Analysis of Factors Forming Consumer Preference Go-Jek in Jakarta City. E-Proceeding of Management, 3(2), 1–7.

Imtiyas, S., Putri, R. A., & Rini, E. F. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Bermotor Anak dalam Mengakses Sekolah Dasar di Kota Surakarta. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 14(1), 13.

Intan Kusumawardhani. (2016). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hidup. Jurnal Transportasi Multimoda, 4(2), 2–3. Retrieved from http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/239/

Kresnanto, N. C. (2013). ANGKUTAN UMUM PERKOTAAN ( Studi Kasus : Angkutan Perkotaan Yogyakarta ). Jurnal Teknik, 3(2), 122–132.

Laloma, A., Rompis, S. Y. R., & Jefferson, L. (2018). Pengaruh Angkutan Online Terhadap Pemilihan Moda Transportasi Publik Di Kota Manado (Studi Kasus: Trayek Malalayang - Pusat Kota). Jurnal Sipil Statik, 6(8), 541–552.

Nur, N. K., Samang, L., Ramli, M. I., Program, M., Teknik, D., Hasanuddin, U. (2016). Studi Preferensi Berdasarkan Preferensi Angkutan Pribadi. Jurnal Ilmiah Techno Entrepreneur Acta, 2(April), 1–10.

Raharjo, R. D., Amaliah, I., & Haviz, M. (2018). ( Studi Kasus : Kereta Ekonomi Lokal Bandung Raya ). Prosiding Ilmu Ekonomi, Volume 4, 1–8.

Rahmad, S., Anggraini, R., & Isya, M. (2017). Analisa Faktor–faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi Penduduk Kerja di Kecamatan Sukmajaya Depok Menuju Tempat Kerja dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process. Jurnal Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, 1(1), 199–218.

Sriroongvikrai, K., & Choocharukul, K. (2013). Multivariate Analysis of Customer Satisfaction: A Case Study of Bangkok’s Mass Rapid Transit (MRT) Passengers. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 10, 1258–1269.

Published

2020-12-31

How to Cite

Sembada, M. T., Hariyani, S., & Setyono, D. A. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Menggunakan Moda Mass Rapid Transit (MRT) Kota Jakarta. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 12(2), 60–69. https://doi.org/10.21776/ub.takoda.2020.012.02.1

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>