Penataan Reklame pada Koridor Jalan Utama Kota Maratam

Authors

  • Oky Juniarko Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Surjono Surjono Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya
  • Fadly Usman Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

Abstract

Reklame ruang luar merupakan media dengan berbagai macam bentuk dan corak yang banyak digunakan untuk tujuan komersial. Keberadaan reklame ruang luar di Kota Mataram muncul sebagai dampak aktivitas perekonomian yang menuntut kemudahan penyampaian informasi kepada masyarakat luas. Identifikasi terhadap keberadaan reklame ruang luar di koridor jalan utama kota bertujuan untuk mengetahui kesesuaian kondisi eksisting reklame terpasang dengan karakteristik koridor jalan (streetscape) yang meliputi, penempatan reklame, ukuran, pencahayaan dan bentuk konstruksi reklame. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif-evaluatif dengan menggambarkan kondisi eksisting reklame terpasang dan menilai apakah kondisi eksisting reklame terpasang telah sesuai dengan kebijakan dan standar penataan reklame. Hasil evaluasi diperkuat dengan analisis penilaian pihak-pihak terkait penyelenggaraan reklame dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) meliputi aspek keefektifan dalam penyampaian informasi, keindahan dan keamanan pemasangan. Hasil menunjukkan bahwa penyelenggaraan reklame belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip dasar penataan reklame terutama terkait penempatan dan konstruksi pemasangan. Hal ini juga terlihat dari tidak adanya keserasian pemasangan reklame dengan elemen fisik koridor jalan (penggunaan lahan, sirkulasi, kondisi bangunan, ruang terbuka dan jalur pedestrian). Dengan demikian, penataan reklame kemudian dikelompokkan menjadi beberapa tema sesuai dengan kesamaan karakter elemen–elemen pendukung koridor jalan, yaitu boulevard corridor, gateway commercial corridor, highway commercial corridor, parkway corridor, dan residenway corridor.

Kata kunci: Reklama ruang luas, Koridor jalan utama, Penataan reklame

Downloads

How to Cite

Juniarko, O., Surjono, S., & Usman, F. (2012). Penataan Reklame pada Koridor Jalan Utama Kota Maratam. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 2(1), pp. 83–. Retrieved from https://tatakota.ub.ac.id/index.php/tatakota/article/view/126

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>