Pengaruh Aksesibilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pemilihan Moda Transportasi Udara (Studi Kasus Bandara Abdurachman Saleh Malang-Bandara Juanda Surabaya)

Akhriadi Akhriadi, Ludfi Djakfar, Agus Suharyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pengguna moda transportasi pesawat Udara di Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan di Bandara Juanda Surabaya, mengetahui pengaruh faktor aksesibiltas dan kualitas pelayanan terhadap pemilihan Bandara dengan mengunakan moda transportasi udara di Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan di Bandara Juanda Surabaya serta mengetahui model pemilihan Bandara antara Bandara Abdulrachman Saleh Malang dan Bandara Juanda Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Stated Preference. Hasil metode Importance Performance Analysis didapatkan pengaruh faktor aksesibilitas dan kualitas pelayanan di Bandara Abdulrachamn Saleh Malang dipengaruhi 8 (delapan) faktor dengan kinerja rendah dengan kepentingan tinggi, yaitu ruang tunggu yang luas, kebersihan ruang tunggu dan area bandara, suhu udara ruang tunggu, Jumlah Tempat duduk ruang tunggu, luas ruang check in, waktu pelayanan di antrian check in, fasilitas penunjang bandara, adanya cctv di area parkir bandara, di Bandara Juanda Surabaya di pengaruhi 5 (lima) faktor yang kinerjanya kurang baik yaitu ongkos menuju Bandara, harga tiket pesawat, kemudahan menuju Bandara, waktu tempuh menuju Bandara, tersedianya angkutan umum menuju Bandara, sedangkan model probabilitas Berdasar atribut biaya perjalanan adalah P BMlg = Δ X 1 4 0 , 0 0 0 0 0 6 6 7 0 , 8 1 2 e 1 e  berdasarkan atribut frekuensi perjalanan adalah P BMlg   Δ X 1 4 0 , 0 0 0 0 0 6 6 7 0 , 8 1 2 berdasarkan biaya perjalanan dan frekuensi perjalanan P BMlg P BMlg Jurnal Tata Kota dan Daerah Volume 8, Nomor 1, Juli 2016 139 = , P Bsby =1- P BMlg, Δ X 2 171 0, 0 , 6 3 5 e 1 e =    Δ X 2 0 , 1 7 1 35 0, - P BSby model probabilitas, = 1- P BMlg, Δ X 2 0 , 2 3 0 Δ X 1 4 3 6 7 0 , 0 0 0 0 0 1 , 9 2 3 e 1 e      Δ X 2 0 , 2 3 0 Δ X 1 4 3 6 7 0 , 0 0 0 0 0 1 , 9 2 3 -

Kata Kunci : kualitas pelayanan, metode IPA, metode stated preference, bandara abdulrachman saleh Malang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.